Baru Tiga Perusahaan di Sumut Miliki Sertifikat Legal Kayu


Baru Tiga Perusahaan di Sumut Miliki Sertifikat Legal Kayu

 

(Analisa/rhinto sustono) Kepala Cabang PT Sucofindo Ir. Ade Nizar AM menyerahkan sertifikat VLK kepada Manajer PT Samawood Soniya yang didampingi Asisten Manajer T. Simanjuntak di kantor PT Samawood, Jalan Sei Blumai Hilir, Tanjung Morawa, Senin (12/9).

Tanjung Morawa, (Analisa). Kepala Cabang PT Sucofindo Ir. Ade Nizar AM mengutarakan, baru tiga perusahaan pengolahan kayu di Sumut yang bersertifikat Verifikasi Legal Kayu (VLK). Sertifikat itu menjamin legalitas produk pengolahan kayu.

“Ada 150-an perusahaan pengolahan kayu di Sumut yang berskala besar. Di antaranya, 80 persen memercayakan kami untuk melakukan audit dan verifikasi,” ungkapnya seusai menyerahkan sertifikat VLK di kantor PT Samawood Utama Work Industries Jalan Sei Blumai Hilir, Tanjung Morawa, Senin (12/9).

Dikatakan, selaku BUMN yang mendapat amanah dari negara sebagai badan sertifikasi terhadap perusahaan pengolahan kayu, Samawood dinilai telah memenuhi standar dari seluruh kategori yang dipersyaratkan.

Dengan perolehan sertifikat bernomor VLK-00041 itu, akan bermanfaat dalam membangun imej bagi pasar internasional yang mensyaratkan adanya jaminan legalitas kayu.

Sertifikat VLK itu, tambahnya, berdasar pada Peraturan Menteri Kehutanan RI Nomor P.38/Menhut-II/2009 tentang Standar dan Pedoman Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan Verifikasi Legalitas Kayu pada Pemegang Izin atau pada Hutan Hak.

Manfaat lain bagi pemegang serifikat VLK itu, yakni dengan adanya imej positif dan jaminan legalitas kayu, perusahaan dalam memperluas pasar mancanegara. Kesungguhan perusahaan dalam mengindahkan Peraturan Menhut RI tentang VLK dan sebagai self endorsement bagi manajemen perusahaan yang mengantongi sertifikat tersebut.

Ade Nizar menyebutkan, sebelumnya tim auditor dari Sucofindo memerifikasi dan mengaudit sistem manajemen dan distribusi kayu yang diolah Samawood dari hilir ke hulu. Verifikasi sekaligus studi lapangan itu dilakukan sekira 18 – 21 Juli 2011.

Skala Nasional

Di hadapan Manajer PT Samawood Soniya dan Asisten Manajer T. Simanjuntak, Ade Nizar yang didampingi Operasional Manajer Sucofindo Ir. Akbal Umri Daulay MM, serta kedua auditor Ir Almi Syheri damanik dan Restu Amrizal SE juga menyebutkan, pada skala nasional serifikat yang berlaku selama 3 tahun itu baru dimiliki 41 perusahaan. “Saya juga mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada manajemen PT Samawood atas kelulusan dalam penerapan sistem VLK serta kepercayaan kepada kami dalam mengaudit perusahaan ini.”

Diharapkan, kerja sama yang telah dibangun tersebut, dapat lebih ditingkatkan di masa depan sehingga memberikan manfaat keuntungan bagi kedua pihak. Sehingga PT Samawood bisa terus maju berkembang dan dapat melangsungkan kesinambungan operasional perusahaannya.

Di tempat sama, T Simanjuntak mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang dibuktikan melalui sertifikat VLK itu. “Sertifikat ini merupakan hal baru di Sumut. Kami sangat bersyukur bisa lulus dalam penilaian tim auditor, sekaligus pembinaan yang diberikan kepada kami.”

Dengan perolehan sertifikat tersebut, mewakili manajemen PT Samawood, T Simanjuntak juga mengucapkan syukur dapat mendukung pemerintah dalam meningkatkan legalitas kayu di Tanah Air. Sehingga ancaman pemnasan global dapat terkendali dengan pemanfaatan kayu yang sah, serta Samawood juga bisa maju berkembang dalam menyejahterakan 1.200-an karyawannya.
Sumber: http://www.analisadaily.com/news/read/2011/09/15/12927/baru_tiga_perusahaan_di_sumut_miliki_sertifikat_legal_kayu/#.Tnww6-zFCSw

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s