Koreksi Staf Khusus Presiden soal hutan lindung dikritik


Koreksi Staf Khusus Presiden soal hutan lindung dikritik

 

Agus PurnomoJakarta – Pernyataan Staf Khusus Presiden Bidang Perubahan Iklim, Agus Purnomo yang menyebutkan bahwa kawasan konservasi dan hutan lindung tak perlu dicantumkan dalam Inpres Moratorium karena sudah dilindungi aturan, kembali menuai kritik tajam.

“Koreksi Agus Purnomo menanggapi desakan LSM itu bertujuan meyakinkan publik bahwa dengan adanya Inpres Moratorium, maka perubahan kawasan konservasi dan hutan lindung menjadi kawasan hutan produksi atau peruntukan lainnya, bisa dicegah,” kata Direktur Eksekutif Greenomics Indonesia, Elfian Effendi, kepada primaironline.com, di Jakarta, Selasa (5/7).

Namun faktanya, kata Elfian, Menteri Kehutanan Zulkifli membuat pengecualian baru, yakni diperbolehkannya perubahan peruntukan kawasan hutan yang terkait dengan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi.

Artinya kawasan konservasi dan hutan lindung bisa diubah peruntukannya dengan menggunakan instrumen Peraturan Pemerintah No. 10/2010, walaupun ada Inpres Moratorium. “Lalu, apa makna koreksi Agus Purnomo tersebut kepada pihak LSM?,” tanya Elfian.

Seperti diketahui, koreksi Staf Khusus Presiden agar pihak LSM jangan sengaja melupakan Peraturan Pemerintah No. 10/2010 yang bisa mengubah kawasan konservasi dan hutan lindung menjadi kawasan hutan produksi atau peruntukan lain.

Elfian mendesak agar Agus Purnomo menjelaskan kembali ke publik soal koreksinya tersebut dengan mengacu pada Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: SK.323/Menhut-II/2011.

“Perlu dijelaskan, di mana letak koreksi tersebut terhadap Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: SK.323/Menhut-II/2011. Apakah koreksi tersebut telah  dianggap gugur dengan terbitnya Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: SK.323/Menhut-II/2011?” ungkap dia.

 

Sumber: http://www.primaironline.com/berita/ekonomi/192657-koreksi-staf-khusus-presiden-soal-hutan-lindung-dikritik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s