311 Hotspot di Jambi Diakibatkan Manusia


311 Hotspot di Jambi Diakibatkan Manusia

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI – Memasuki peralihan musim panas, terdapat 311 hotspot atau titik panas di Provinsi Jambi. Hampir merata, di sembilan kabupaten ditemukan hotspot yang potensial.

Kasi Pengendalian Hama Penyakit dan Kebakaran Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Sucipto SH mengatakan hotspot tersebar di tiga jenis kawasan. Terdapat di lahan masyarakat perambah, perkebunan dan kehutanan.

“Dari Januari sampai dengan Juni, totalnya ada 311 titik di sembilan kabupaten,” kata Sucipto, Minggu (3/7/2011) siang.

Potensi terbesar disebutkan berada di lahan masyarakat perambah karena faktor manusia lebih banyak menjadi penyebabnya, seperti membuka lahan.

Sedangkan untuk kawasan perkebunan dan kehutanan, potensinya tidak begitu besar. Faktor alam yang biasa menjadi penyebab di kawasan jenis ini, tidak begitu berbahaya dan potensial. “Faktor alam kecil kemungkinannya. Lebih banyak faktor manusia,” ujarnya.

Di Provinsi Jambi sendiri, hotspot terbanyak berada di Kabupaten Tebo, yaitu 97 titik. Kawasan Tebo, menurut Sucipto paling sering terjadi kebakaran seperti daerah Tujuh Koto.

Sedangkan hotspot paling sedikit untuk kawasan hutan di Kerinci, terpantau 12 titik. Tipe daerah Kerinci banyak berwujud kawasan hutan, namun daerahnya tidak panas.

Untuk lahan gambut, hotspot terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, yaitu 6 buah. “Jumlah hotspot lahan gambut berkurang dibanding dulu. Ini sebabnya memang lahan gambut Jambi luasnya sudah banyak berkurang,” kata Sucipto.

 

Sumber: http://www.tribunnews.com/2011/07/03/311-hotspot-di-jambi-diakibatkan-manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s