Pemkab Kudus Siapkan 1.000 Hektare Lahan untuk Kemitraan BUMN


Pemkab Kudus Siapkan 1.000 Hektare Lahan untuk Kemitraan BUMN

Kudus, CyberNews. Pemerintah kabupaten Kudus melalui Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan telah menyiapkan 1.000 hektare untuk kemitraan dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kami telah siapkan seluas itu untuk mewadahi perusahaan BUMN yang akan melakukan kemitraan dalam rangka peningkatan produksi pertanian,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan, Budi Santosa.

Budi mengatakan, lahan yang telah disiapkan berada di Kecamatan Undaan karena dinilai strategis untuk pengembangan hasil pertanian. Sarana-prsarana irigasi juga sudah memadai untuk mendukung penanaman padi dengan cara yang tepat.

Kemitraan yang dibangun dengan BUMN tersebut akan dilakukan dengan pinjaman modal bagi para petani, sedangkan hasil pertanian yang digarap oleh petani akan dibeli oleh BUMN dengan standar kualitas tertentu dan harga diatas harga umum yang berlaku di pasar.

Dengan sistem tersebut, Budi mengaku jika petani akan mendapatkan dua keuntungan, yaitu pinjaman modal dan harga jual padi yang lebih tinggi. Dengan begitu, dinas pertanian mengaku akan mendukung sepenuhnya langkah tersebut. “kemitraan ini saya rasa bagus dan tidak sampai merugikan petani karena standar kualitas juga tidak terlalu banyak,” katanya.

Meskipun demikian, Budi mengaku keputusan kemitraan tersebut tetap diserahkan kepada petani yang akan mengelola atau Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kudus yang akan memperhitungkan kemitraan tersebut.

Terpisah, Sekretaris KTNA Kudus, Hadi Sucahyono mengatakan jika pihaknya menyambut baik dengan rencana kemitraan tersebut. Beberapa BUMN seperti Pertani memang telah menawarkan kemitraan yang tujuannya untuk meningkatkan hasil pertanian. Hanya saja untuk memastikan hal itu, pihaknya mengaku perlu mempelajari lebih banyak lagi sistem kerjasamanya.

“Kami harus melakukan hitung-hitungan dulu untuk memastikan apakah petani benar-benar diuntungkan atau tidak,” tandasnya.

Sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/05/26/86647/Pemkab-Kudus-Siapkan-1.000-Hektare-Lahan-untuk-Kemitraan-BUMN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s