Kemenhut Kekurangan Tenaga Penyuluh


Kemenhut Kekurangan Tenaga Penyuluh

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kehutanan (Kemenhut) sampai kini masih kekurangan tenaga penyuluh kehutanan untuk menangani kawasan hutan negara seluas 136,8 juta hektare. Demikian terungkap dalam siaran pers Kemenhut yang diterima di Jakarta, Rabu (25/5).

Terungkap pula sampai Maret 2011, total jumlah penyuluh kehutanan baru mencapai 3.770 orang, terdiri dari tenaga penyuluh kehutanan terampil sebanyak 2.570 orang dan tingkat ahli sebanyak 1.200 orang. Bahkan untuk 5 tahun ke depan, jumlah penyuluh kehutanan dikhawatirkan berkurang sekitar 20 persen, jika tidak ada rekruitmen baru.

Padahal, peran penyuluh kehutanan menjadi sangat penting dan strategis sebagai mediator, inovator, motivator, maupun transformator yang akan merajut akar permasalahan di dalam masyarakat. Selain itu, penyuluh kehutanan juga menjadi ujung tombak pembangunan kehutanan yang bisa berfungsi menjembatani kepentingan pemerintah dan masyarakat.

Untuk lebih meningkatkan peran penyuluh kehutanan ini, kementerian berencana memperkenalkan Unit Eselon I baru Lingkup Kemenhut, yaitu Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kehutanan (BP2SDM). BP2SDM ini diharapkan akan membangkitkan kembali sektor publik kehutanan dengan mengarusutamakan peran serta dan pemberdayaan masyarakat.

Terkait dengan kegiatan penyuluh kehutanan yang sangat strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengubah perilaku dan sikap masyarakat agar mau dan mampu mendukung pembangunan kehutanan, Kemenhut akan menyelenggarakan sosialisasi penyuluhan kehutanan yang akan dilaksanakan pada 26 Mei 2011 di Ruang Rimbawan I, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.(Ant/BEY)

Sumber: http://www.metrotvnews.com/read/news/2011/05/25/52701/Kemenhut-Kekurangan-Tenaga-Penyuluh/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s