Kemenhut Kejar Target Penyelesaian SVLK


Kemenhut Kejar Target Penyelesaian SVLK

Jurnas.com | KEMENTERIAN Kehutanan (Kemenhut) terus mengejar target penyelesaian Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang sampai saat ini masih minim peminat pengusaha. Hal ini dilakukan untuk menekan perdagangan kayu ilegal di pasar internasional.

Dirjen Bina Usaha Kehutanan Kementerian Kehutanan, Iman Santoso menargetkan pada bulan Januari 2011, seluruh Industri kayu di Indonesia yang berjumlah sekitar 2000 perusahaan telah disertifikasi SLVK. “Tahun ini diharapkan seluruh industri sudah melakukan sertifikasi SLVK,” ujar Iman usai memberikan kata sambutan acara seminar Menuju Perdagangan di Sektor Kehutanan yang Bertanggung Jawab di Indonesia, di Jakarta, Kamis (19/5).

Sayangnya, kata Iman, baru 92 perusahan yang baru mendapatkan sertifikasi SLVK. Ini disebabkan karena peraturan mengenai SVLK ini baru diterapkan sejak 2009 sehingga pelaksanaan terhadap seluruh industri baru dilakukan secara bertahap.

Sementara itu, Chief Executive Officer WWF, Efransjah mengatakan, salah satu hambatan pelaksanaan SVLK yakni masih ada perusahaan yang belum mau menyertifikasi perusahaannya. “Mereka kan datang secara sukarela. Tapi saya yakin mereka lambat laun pasti datang untuk sertifikasi,” kata Efran.

Sucofindo, sebagai salah satu lembaga sertifkasi telah memberikan sertifikasi terhadap 34 perusahaan dari total 92 industri. Direktur Komersial II PT Sucofindo, Hidayat Hardiyan mengatakan bahwa tahun ini akan dilakukan percepatan pemberian sertifikasi pada seluruh industri.

Ketika ditanya mengenai biaya sertifikasi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, Hidayat memperkirakan sekitar Rp 30-35 juta per industri berdasarkan dari besar industri tersebut. “Khusus sertifikasi sekitar 30-35 juta tapi tidak ada angka pastinya sebab tergantung dari besarnya industri,” kata Hidayat sambil menambahkan bahwa saat ini sebanyak 15 industri tengah menunggu proses sertifikasi selesai.

Penulis: Tria Dianti

Sumber: http://www.jurnas.com/news/29047/Kemenhut_Kejar_Target_Penyelesaian_SVLK/1/Ekonomi/Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s