Produksi Kayu Bulat Sumsel Meningkat


Produksi Kayu Bulat Sumsel Meningkat

Selasa, 24 Mei 2011 07:21 WIB

 

PALEMBANG–MICOM: Produksi kayu bulat di Sumatra Selatan pada tahun 2010 sebanyak 4,737 juta meter kubik lebih atau meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2009 yang hanya 3,620 juta meter kubik lebih.

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menyampaikan capaian di bidang kehutanan itu di Palembang, Senin.

Menurut dia, penerimaan negara dari sub sektor kehutanan yang terdiri atas iuran izin usaha pemanfaatan hasil hutan, provisi sumber daya hutan dan dana reboisasi Rp107,1 miliar.

Penerimaan ini meningkat dibandingkan tahun 2009 yang hanya mencapai Rp60,2 miliar, katanya.

Ia menuturkan, selain pembuatan kebun bibit desa telah dilaksanakan pula pembuatan areal model pengembangan budidaya gaharu dan rotan diKabupaten Empat Lawang dan Kota Pagaralam serta pembangunan areal modeltanaman kehutanan dengan pola agroforestry di Musi Rawas.

Kemudian juga dilakukan penyuluhan kehutanan melalui kegiatan kampanye Indonesia menanam untuk mendukung satu miliar pohon Indonesia dengan menyediakan bantuan bibit kepada masyarakat 1.000 batang jenis mahoni, tanjung, ketapang dan mangga.

Ia menyatakan, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan selama tahun 2010 telah dilakukan pembinaan dan monitoring pengendalian kebakaran hutan dan lahan di 13 kabupaten dan kota di provinsi itu.

Kemudian monitoring kesiapsiagaan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di lima perusahaan izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu serta ground check hotspot sebanyak 13 kali, demikian Gubernur Sumsel. (Ant/Ol-3)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/05/228242/126/101/Produksi_Kayu_Bulat_Sumsel_Meningkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s