Dua Bupati Kalteng Terseret Kejahatan Kehutanan


Dua Bupati Kalteng Terseret Kejahatan Kehutanan

Banjarmasinpost.co.id – Kamis, 12 Mei 2011

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA
– Gubernur Agustin Teras Narang akhirnya angkat suara soal adanya dua bupati di Kalteng yang ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus kejahatan kehutanan.

Menurut Teras, sejak awal dia sudah berusaha agar tidak sampai ada pejabat di Kalteng terjerat hukum akibat kasus kehutanan. Namun, dia mengaku tidak bisa berkomentar maupun ikut campur karena masalah itu bukan wewenangnya sebagai seorang gubernur.

“Saya tidak bisa memberikan komentar banyak karena itu bukan kewenangan saya, tetapi kewenangan proses penyelidikan dan penyidikan. Tapi tentu saya sedih karena dari awal saya sudah mengatakan bahwa saya tidak ingin di Kalteng ini ada pejabatnya yang terkena,” ujar Teras usai melantik 156 pejabat eselon I, II, III dan IV Pemerintah Provinsi Kalteng, kemarin (11/5/2011).

Teras tidak menyebutkan nama dua daerah maupun dua bupati yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut. Dia hanya menegaskan bahwa selama ini semua pihak sudah berusaha dengan baik.

Seperti diketahui, Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan, Darori saat di Banjarmasin, Rabu(4/5), mengatakan ada enam bupati di Kalimantan yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kejahatan kehutanan. Dua di antaranya merupakan bupati di Kalteng, namun Darori enggan menyebut nama kabupaten dimaksud.

Permasalahan yang sangat krusial adalah banyaknya perizinan di kawasan hutan yang dikeluarkan, namun tidak sesuai aturan. Bupati selaku pemberi izin, tentu harus mempertanggung jawabkan keputusan mereka.

Perusahaan perkebunan yang masuk kawasan hutan harus mendapatkan izin pelepasan kawasan hutan, sedangkan pertambangan yang masuk kawasan hutan, harus mendapatkan izin pinjam pakai kawasan hutan dari menteri kehutanan.

(mgb/www.banjarmasinpost.co.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s