NORAD Publication on Climate and Forest Initiative


NORAD Publication on Climate and Forest Initiative

NORAD baru2 ini release laporan evaluation terhadap kegiatan mereka terkait Climate and Forest Initiative pada negara2 berkembang. Negara – negara tersebut antara lain Brazil, Kongo, Guyana, Indonesia dan Tanzania. Evaluasi ini merupakan bagian dari fase pertama dari evaluasi real-time Iklim Internasional Norwegia dan Hutan Initiative (NICFI). Dengan demikian, itu merupakan tanggung jawab utama dan yang pertama dari jenisnya untuk Departemen Evaluasi. Evaluasi dilakukan oleh tim penilai independen dari perusahaan LTS British International bekerjasama dengan Indufor Oy, Ecometrica dan Kristen Michelsen Institute.

Tujuan utama dari evaluasi ini adalah untuk mengembangkan dasar evaluasi ex-post selanjutnya, untuk memberikan umpan balik awal kepada stakeholders dan masyarakat umum tentang prestasi awal.  Dengan evaluasi apapun, tujuannya adalah untuk memberikan umpan balik dari yang dipelajari sehingga memberikan penilaian dasar yang akuntabilitas, termasuk penyediaan informasi kepada publik.

Namun, harus diakui bahwa tidak semua aspek NICFI telah dievaluasi pada tahap ini dan bahwa evaluasi tersebut tidak dimaksudkan untuk memberikan jawaban tentang NICFI. Juga harus diingat bahwa REDD (Pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan) adalah target yang kompleks dan bergerak.

Semoga laporan dari tahap pertama evaluasi real-time tidak hanya akan menambah pengalaman dan pelajaran melalui inisiatif ini, tetapi juga berkontribusi terhadap debat publik mengenai suatu topik penting.
Sumber: http://www.norad.no

Real-Time Evaluation of Norway’s International Climate and Forest Initiative

Published: April 2011 by Norad
Commissioned by: Norad
Carried out by: LTS International in collaboration with Indufor Oy, Ecometrica and Christian Michelsen Institute
Series: Evaluation report 12/2010
Pages: 108
ISBN: 978-82-7548-560-9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s